Yayasan Pendidikan Al-Mukhtar

MATSAMA MTs – MA AL-MUKHTAR TA 2018-2019
By Administrator Kamis, 30 Agustus 2018 - 14:41:03 WIB 0 Komentar Dibaca: 69 kali

Masa Taaruf Siswa/i Madrasah (MATSAMA) baik tingkat Tsanawiyah maupun tingkat Aliyah Al-Mukhtar digelar dalam rangka menyambut siswa/i baru tahun ajaran 2018-2019. Kegiatan ini juga bertujuan untuk lebih mengenalkan lingkungan sekolah dan mendorong seluruh peserta didik agar mentaati seluruh peraturan baik di sekolah maupun di luar sekolah serta memotivasi seluruh peserta didik untuk tidak hanya menjadi insan yang pintar dan cerdas namun juga berakhlak karimah dan beradab. 

MATSAMA tahun ini tidak hanya diikuti oleh peserta didik baru saja, namun peserta didik lama pun wajib mengikuti. Hal tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap sekolah dan mempererat hubungan antara peserta didik baru dan lama. Kegiatan ini berlangsung selama enam hari, dimulai pada hari senin (16/07/18) sampai hari sabtu (21/07/18). 

Hari pertama MATSAMA sekaligus hari pertama kegiatan sekolah, dibuka dengan acara halal bihalal yang diikuti oleh seluruh keluarga besar yayasan Al-Mukhtar, baik guru, wali murid, para siswa dan alumni. Pada acara ini, disampaikan profil singkat tentang yayasan Al-Mukhtar serta peluncuran program unggulan baru yaitu kegiatan baca al-Qur’an setiap pergantian jam pelajaran. Program ini menjadi istimewa karena mengusung metode repetition atau takrir yaitu, pengulangan bacaan surat tertentu selama satu minggu kemudian berpindah pada surat berikutnya pada minggu selanjutnya dan seterusnya. Diharapkan dengan metode tersebut mempercepat pelancaran membaca Al-Qur’an sekaligus memudahkan dalam menghafalnya. 

Pada hari selasa sampai kamis diisi dengan pemberian materi oleh guru-guru dan kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh OSIS. Beberapa materi yang diberikan adalah tentang membangun akhlakul karimah oleh Bapak Ahmad Nuroni, SHI selaku Ketua Yayasan Al-Mukhtar, Tata Tertib dan Adab Murid terhadap Guru oleh Bapak Dadan Hamdani, M.Ag., Kehidupan berbangsa dan bernegara oleh Bapak Suherman, S.Ag., serta motivasi dan bahaya narkoba oleh Bapak Supratman Taryana, S.Pd.I.
Pada hari Jum’at (20/07/18) diadakan pembagian ruang kelas, JUMSIH, serta pembuatan struktur organigram bersama wali kelas masing-masing.
 

MATSAMA 2018-2019 ini diakhiri dengan kegiatan outbound pada hari Sabtu (21/07/18). Kegiatan ini dimulai dengan melakukan hiking dari sekolah sampai ke tugu yang berjarak sekitar 1 km. Selama perjalanan, para siswa akan melewati beberapa pos yang sudah disiapkan. Setiap pos memiliki karakteristik tantangan dan tingkat kesulitan masing-masing sehingga memerlukan kerjasama, kekompakan, kedisiplinan serta kecermatan agar dapat melewatinya. Kegiatan ini ditutup dengan pembagian hadiah oleh Bapak Supratman selaku ketua panitia MATSAMA 2018 dan operasi semut.

 

(OSIS 1718)

leave a comment